Home > Berita > Apakah Mozilla dan Firefox Dua Brand Berbeda?
Apakah Mozilla Dan Firefox Dua Brand Berbeda

Apakah Mozilla dan Firefox Dua Brand Berbeda?

Apakah Mozilla dan Firefox Dua Brand Berbeda? – Hayo, kalau dengar kata ‘Mozilla Firefox’, apa yang muncul di kepala Anda? Biasanya sih, orang hanya akan mengingat browser internetnya saja, terutama yang ada di Windows PC. Namun, jangan salah – Mozilla dan Firefox sebenarnya dua brand terpisah, lho!

• Asumsi Umum

Tenang saja, bukan hanya Anda kok yang salah asumsi – mayoritas orang-orang tidak paham betul perbedaan Mozilla dan Firefox, apalagi produk apa saja yang sudah mereka buat. Bahkan, untuk mengatasi kesalahpahaman tersebut, Mozilla sudah mengadakan survey sejak 2014 hingga 2016 lalu, yang hasilnya:

– Banyak orang yang mengira Mozilla merupakan satu kesatuan nama dengan nama browsernya, Firefox.

– Sekitar 30% peserta survey tidak tahu karya lain Mozilla selain browser Firefox.

– Walau sebagian peserta survey setuju bahwa Mozilla Firefox merupakan pesaing terbesar Google Chrome saat ini, sebagian besar beranggapan bahwa browser satu ini belum membuat fitur yang cukup signifikan bila dibanding Chrome.

• Kenyataannya
Jadi, apakah hasil survey diatas benar? Tentu saja tidak! Nah, agar Anda tidak kehilangan berita, maka mari kita klarifikasi saja kenyataanya:

– Mozilla dan Firefox merupakan dua hal yang berbeda. Mozilla merupakan nama perusahaan atau developer yang mengembangkan berbagai browser internet. Sedangkan, Firefox merupakan hasil browser karya Mozilla yang paling populer.

– Walaupun Firefox merupakan satu-satunya browser internet Mozilla yang mendunia, Mozilla sebenarnya sudah sempat mengembangkan browser lain sebelumnya seperti Phoenix dan Aurora. Selain itu, Mozilla juga mengembangkan versi browser-browsernya (dengan sebutan Nightly) dan membuat aplikasi selain browser.

-Walau jumlah pengguna Firefox masih kalah saing dengan Chrome, gelar ‘pesaing terbesar’ merupakan julukan yang tepat karena sistem Firefox hampir setara dengan Chrome. Bahkan, dalam sisi keamanan dan kecepatan, Firefox lebih terjamin.

• Bagaimana Sekarang?
Nah, karena orang-orang pada bingung dengan Mozilla dan Firefox, pihak Mozilla akhirnya membagi kedua nama ini menjadi brand yang berbeda. Hal ini dimulai sejak dibukanya forum Mozilla Open Design tahun 2016 lalu. Karena pada dasarnya Mozilla adalah perusahaan non-profit, maka tidak heran juga kalau mereka berani mengambil masukan bahkan karya dari khalayak umum.

Tentu saja, orang-orang yang berkontribusi untuk perkembangan Mozilla akan masuk kedalam tim developernya dan mendapat upah yang sesuai. Nah, hasil yang didapat dari forum tersebut pun dikembangkan menjadi dua – brand Firefox mengembangkan aplikasi yang berhubungan dengan akses internet langsung, sedangkan brand Mozilla lebih bersifat administratif.

Sekarang sudah tahu kan, apa bedanya brand Mozilla dan Firefox? Ya, pada awalnya, Mozilla adalah nama perusahaan yang mengembangkan browser internet Firefox. Sedangkan, Firefox sendiri adalah nama browsernya. Namun, saat ini, kedua nama ini telah dipisah menjadi dua brand yang mengembangkan proyeknya masing-masing. Jangan bingung lagi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!