Home > Berita > Apa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya Firefox
Apa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya Firefox

Apa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya Firefox

Apa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya FirefoxMozilla Firefox atau Firefox (awalnya Phoenix, kemudian disingkat Mozilla Firebird) adalah browser Web lintas yang platformnya ini gratis dan juga open source yang telah dikembangkan Mozilla Foundation dan juga oleh ratusan para sukarelawan.

Apa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya FirefoxApa itu Firefox Dan Sejarah Berdirinya Firefox

Firefoxfacts.com – Sebelum akan rilis sebuah versi 1.0 pada tanggal 9 November 2004, Firefox mendapat review bagus di media (termasuk Forbes dan The Wall Street Journal). Dalam 12 hari pertama peluncurannya, sudah diunduh lebih dari 5 juta kali., Pada November. Pada 24 Februari 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Mozilla Foundation berkomitmen untuk mengembangkan browser web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat dapat diperluas (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar) melalui Firefox. Sejak pada tanggal 3 April 2003, Kini Firefox dan juga para klien email Thunderbird kini telah menjadi lebih fokus utama pada pengembang Mozilla Foundation untuk menggantikan keberadaan Mozilla Suite ini. Firefox dapat berjalan di berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Linux, reeBSD, dan Mac OS XF.

Baca Juga : Misteri Dibalik Simbol Rubah Merah Firefox

Fitur

Firefox menyediakan fitur termasuk tab, pemeriksaan ejaan, pencarian, bookmark, sesi pemulihan, unduhan, dan penjelajahan pribadi. Firefox menerapkan beberapa standar web, termasuk HTML4 (juga bagian dari HTML5), XML, XHTML, CSS, JavaScript, dan DOM. Fitur populer Firefox termasuk pemblokir pop-up bawaan dan mekanisme pengembangan (ekstensi) untuk menambahkan fitur lain.

Meskipun fitur ini telah digunakan di browser Web lain seperti Mozilla Suite dan Opera untuk beberapa waktu, Firefox adalah browser Web pertama yang dikenali dalam skala ini. Tujuan Firefox adalah menempati sekitar 10% dari pangsa pasar Microsoft Internet Explorer (kira-kira merupakan browser Web terpopuler hingga 2004) pada tahun 2005. Banyak orang menyebut Firefox sebagai kembalinya perang browser Web.

Kelebihan Pada Mozilla FirefoxKelebihan Pada Mozilla Firefox

Dibandingkan dengan web browser lainnya, Mozilla Firefox memiliki banyak keunggulan. Mungkin kita merasakan keuntungan secara tidak langsung. Namun, jika kita tahu apa saja keunggulan Mozilla Firefox, jauh lebih baik:

Memiliki skor popularitas tinggi
Keamanan browser web yang lebih aman daripada browser web lainnya
Ini memiliki berbagai lampiran, dan karena ini open source, itu terus dikembangkan oleh para pendiri dan pengembangnya.
Performa bagus di Internet atau Intranet
Untuk menunjang kinerjanya, Mozilla Firefox memiliki konfigurasi web browser yang lengkap.
Uuntuk ukuran sebuha memori pada Mozilla Firefox ini relatif sangat kecil, sehingga mempercepat adanya aksesibilitasnya.
Ini juga memiliki antarmuka yang sangatlah sederhana, akan tetapi ini tidak monoton.

Tentang Mozilla Firefox Tentang Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah browser web atau browser web yang dapat digunakan pada banyak sistem operasi dan bersifat open source. Mozilla Firefox dapat diakses di sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X, serta bersifat open development.

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser terlaris selain kompetitor (seperti Google Chrome dan Opera). Ini menjadi buku terlaris karena Mozilla Firefox dapat mengakses informasi dengan cepat.

Ini terjadi karena Mozilla Firefox memiliki antarmuka yang sederhana, yang membuat akses lebih cepat daripada yang lain. Mozilla Firefox juga memiliki sistem privasi yang dapat menjaga keamanan pada web browser ini.

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox memiliki sejarah yang menarik, dimana web browser dikembangkan oleh ratusan relawan. Untuk memberi tahu kami lebih banyak tentang Mozilla Firefox, mari kita lihat sejarah Mozilla Firefox.

Mozilla Firefox berhasil dibuat oleh Blake Ross, dan browser web dikembangkan oleh Mozilla Foundation dengan ratusan sukarelawan. Awalnya, nama web browser itu Phoenix, dan itu disebut Mozilla Firebird.

Pada 3 April 2003, Mozilla Foundation berfokus pada Firefox dan klien email Thunderbird. Tentunya hal ini membuat pengembangan Mozilla Suite tidak lagi terpusat.

Pada tanggal 9 November 2004, Mozilla Firefox berhasil mendapatkan review bagus dari semua pihak di media. Mozilla Firefox menerima tanggapan ini sebelum rilis versi 1.0.

Versi pertama Mozilla Firefox 1.0 menerima 5 juta unduhan hanya dalam 12 hari. Pada 24 November 2004, Mozilla Firefox berhasil mendapatkan 6 juta unduhan. Hal ini menunjukkan antusiasme para pengguna web browser terhadap Mozilla Firefox.

Yayasan ini bertujuan untuk mengembangkan browser Web yang kecil, sederhana namun cepat melalui Mozilla Firefox. Inilah salah satu alasan mengapa Mozilla Firefox lebih cepat dari peramban lain.

Pada tanggal 22 Oktober 2019, Firefox telah berhasil diupdate ke versi 7.0. Versi ini membuat Mozilla Firefox sangat stabil. Sekarang, Mozilla Firefox dapat digunakan di beberapa sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS X dan FreeBSD.

Perkembangan Pada Mozilla Firefox

Selama pengembangan Mozilla Firefox, ia mendapat kepercayaan sebagai browser alternatif untuk Internet Explorer. Karena Internet Explorer dituduh menggunakan komponen ActiveX saat itu.

Komponen tersebut sangat berbahaya dan memiliki kelemahan dalam pemasangan spyware dan malware. Pada saat yang sama, di Mozilla Firefox, ada fitur dan sistem keamanan yang tidak dimiliki Internet Explorer.

Memahami arti, kelebihan dan fungsi Mozilla Firefox tidak diragukan lagi akan meningkatkan pemahaman kita tentang browser Web. Singkatnya, dibandingkan dengan browser web lain, Mozilla Firefox lebih cepat.

Alasannya karena tujuan dari Mozilla Firefox Developer Foundation adalah membuat web browser yang kecil tapi cepat. Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki berbagai add-on untuk mencapai performa terbaiknya.

Ini juga menjamin keamanan Mozilla Firefox. Hal ini membuat pengguna browser Web merasa bahwa data mereka terlindungi dengan baik. Karena poin-poin tersebut, Mozilla Firefox memiliki nilai popularisasi yang sangat baik.

Fitur yang tersedia di Mozilla Firefox

Setiap browser web memiliki fitur menarik yang menarik pengguna. Untuk ini, mari kita lihat beberapa fitur yang tersedia di Mozilla Firefox:

Penggunaan multi-label
Dapat memeriksa ejaan kalimat
Adanya bookmark dapat menyelamatkan website kesayangan kita
Dapat digunakan untuk mengunduh
Jelajahi secara pribadi atau temukan informasi secara pribadi tanpa sepengetahuan orang lain.
Blokir jendela pop-up yang telah diinstal di Mozilla Firefox

[Lampiran] Pengaya penting Mozilla Firefox

Dengan adanya add-ons, kita bisa menggunakan semua fitur baru yang tidak akan ada pada Mozilla Firefox yang bawaan. Berikut ini adalah pentingnya Mozilla Firefox apa yang harus kita gunakan :

Social Fixer: Fitur ini sangat cocok untuk mereka yang sering mencari informasi melalui media sosial. Dengan menggunakan add-on social fixer ini, kita dapat mengurutkan dan menghapus topik berita yang tidak diinginkan. Misalnya, jika kita tidak menginginkan topik politik, maka kita bisa mengabaikannya.

Gmail Notifier: Dengan menggunakan add-on Gmail Notifier ini, kita dapat mengecek email kita secara langsung. Nanti di Mozilla, Firefox akan memberikan space yang cukup untuk menampilkan email kita tanpa harus membuka website Gmail lagi.

AdBlock Plus: Dengan menggunakan add-on AdBlock Plus, kami dapat memblokir semua iklan di situs web yang kami kunjungi. Ini memungkinkan akses yang lebih cepat ke situs web dan membuat kami lebih nyaman.

Windscribe: Add-on Windscribe ini memiliki fungsi yang sama dengan VPN (Virtual Private Network). Biasanya kami menggunakan VPN untuk mengakses situs web yang sebelumnya diblokir oleh publik.

Selain itu fitur ini juga dapat memblokir iklan seperti AdBlock. Ini berarti bahwa dengan menggunakan add-on Windscribe, kami dapat mencari informasi dari situs web yang diblokir dan menghapus iklan di situs web tersebut.

Scrapbook: Fungsi dari scrapbook tambahan adalah untuk menyimpan website yang menurut kita menarik sehingga bisa kita baca secara offline. Dengan menggunakan fungsi ini, kita dapat membaca situs yang disimpan tanpa internet.

Bagaimana jika kita membandingkan Google Chrome dengan Firefox

Keamanan dan Privasi

Di Firefox ini, kami juga memiliki banyak sekali para pengguna yang berdedikasi yang berterima kasih kepada kami atas dedikasi kami pada saat privasi online. Misalnya, Firefox versi terbaru memiliki fitur yang disebut Enhanced Tracking Protection (ETP), yang secara default aktif untuk semua pengguna di seluruh dunia.

ETP memblokir lebih dari 2.000 pelacak, termasuk juga para pelacak sosial yang berasal dari sebuah perusahaan contohnya seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter. Firefox ini juga memiliki sebuah fitur bawaan contohnya seperti pada Firefox Monitor, yang dapat memberi tahu Anda secara otomatis ketika kata sandi Anda bocor atau perlu diperbarui. Sebagai perlindungan ekstra, mode “Penjelajahan Pribadi” Firefox dengan secara otomatis ini akan menghapus semua informasi penjelajahan kalian, seperti cookie dan riwayat, tidak meninggalkan jejak setelah Anda selesai menjelajah.

Baru-baru ini, kami baru-baru ini menegaskan kembali komitmen kami terhadap privasi dan transparansi data pengguna dalam “Pernyataan Privasi” terbaru, yang menyatakan: “Di Mozilla, kami percaya bahwa privasi adalah hal terpenting dari Internet yang sehat.”

Pada dasarnya, Google Chrome ini adalah sebuah browser yang aman dengan menggunakan sebuah fitur yang seperti Google Safe pada Browsing, ini yang dapat melindungi para pengguna dengan cara menampilkan sebuah peringatan yang tidak dapat dihindari saat pengguna mencoba memasuki situs web berbahaya atau mengunduh file berbahaya.

Faktanya, baik Chrome maupun Firefox memiliki keamanan yang ketat. Keduanya ini juga memiliki fitur yang disebut “sandbox” yang akan memisahkan semua proses browser sehingga pada situs berbahaya ini tidak dapat untuk menginfeksi bagian lain dari perangkat atau laptop lain.

Meskipun ternyata Chrome adalah browser web yang aman, catatan privasinya masih dipertanyakan. Google sebenarnya mengumpulkan banyak data dari pengguna, termasuk lokasi, riwayat pencarian, dan kunjungan situs. Google menganjurkan pengumpulan data untuk meningkatkan layanannya-seperti membantu Anda menemukan sweter atau kedai kopi yang telah Anda beli atau kunjungi.

Meski begitu, orang lain mungkin tidak setuju, menunjukkan bahwa Google sebenarnya hanya mengumpulkan beberapa data untuk tujuan pemasaran. Mereka mengklaim melindungi informasi pribadi Anda dari serangan peretas, tetapi ini tidak penting. Google sendiri mengoperasikan jaringan periklanan terbesar di dunia, sebagian besar berkat data yang mereka kumpulkan dari pengguna.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan apakah akan membagikan hal-hal seperti catatan penelusuran dan catatan belanja. Namun, jika kalian ini seperti kebanyakan orang pada umumnya, kalian mungkin bisa mencari sesuatu pada Internet yang ingin kalian rahasiakan.

Kegunaan

Dalam hal fungsionalitas, baik Firefox dan Chrome menyediakan pustaka ekstensi dan pustaka pengaya, di mana direktori Chrome jauh melebihi peramban lain, dan pada saat yang sama terintegrasi dengan baik dengan layanan Google lainnya seperti Gmail dan Google Docs.

Meskipun Firefox tidak seluas pustaka tambahan Chrome, ini adalah perangkat lunak sumber terbuka dengan sejumlah besar kontributor aktif dan sejumlah besar ekstensi yang berguna. Firefox ini juga memiliki sebuah fitur sinkronisasi yang fungsinya untuk melihat sebuha tab terbuka dan juga terkini, penanda di semua perangkat, dan riwayat penelusuran.

Meskipun browser Chrome memiliki fungsi add-on dan juga ekstensi, Firefox ini juga memiliki sebuha serangkaian fitur built-in yang dirancang dengan sangat baik, seperti alat screenshot yang sangat berguna, dan fitur mode membaca yang dapat menghapus semua halaman kecuali teks teks. artikel Semua konten yang sedang Anda baca.

Jika membuka banyak tab adalah urusan Anda, maka itu sangat tergantung pada preferensi UI Anda. Firefox menampilkan pengguliran horizontal pada semua tab yang terbuka alih-alih menyusutkannya lagi dan lagi saat tab baru ditambahkan. Google Chrome ingin menciutkannya sehingga hanya ikon yang ditampilkan. Satu-satunya masalah adalah ketika Anda membuka banyak tab dari situs web yang sama, Anda akan melihat ikon yang sama di semua tab.

Untuk penyesuaian, pendukung kami akan memberi tahu Anda bahwa salah satu hal yang paling mereka sukai dari browser kami adalah kemampuannya untuk memungkinkan Anda bergerak dan mengatur sebagian besar elemen antarmuka yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Chrome memungkinkan Anda menyembunyikan elemen antarmuka tertentu, tetapi tidak banyak kelonggaran (jika ada) untuk memindahkan konten sesuai keinginan Anda. Namun, yang perlu dicatat adalah bahwa baik Firefox maupun Chrome ini membuatnya mudah sekali untuk mengubah tema peramban dan tampilan.

Portabilitas

Tak perlu dikatakan lagi, versi Firefox dan Chrome cocok untuk sistem operasi seluler dan desktop paling populer (Windows, macOS, Linux, Android, iOS). Baik Chrome dan Firefox memungkinkan Anda untuk menyinkronkan kata sandi, bookmark, dan tab terbuka di semua perangkat. Jika Anda memiliki akun Firefox, Anda dapat secara manual mengirim tab terbuka di desktop Anda ke perangkat seluler Anda, dan sebaliknya.

Dengan Chrome, jika Anda memilih pengaturan ini di preferensi, itu akan dilakukan secara otomatis. Saat Anda ingin melakukan operasi seperti melanjutkan membaca artikel yang belum pernah dibaca sebelumnya, Anda tidak perlu mengirim tag secara manual dari satu perangkat ke perangkat lain. Namun terkadang, jika banyak pengguna menjelajah saat masuk ke akun Google Anda, sinkronisasi otomatis mungkin tidak ideal.

Baca Juga : 3 Aplikasi Unik Android di 2021

Evaluasi secara keseluruhan

Kami pikir dapat dikatakan bahwa Firefox dan Chrome memang bersaing dalam hal portabilitas dan kepraktisan, sementara Chrome memiliki sedikit keunggulan dalam hal kepraktisan, berkat perpustakaan ekstensi yang luas dan fitur lainnya. Namun, dalam hal privasi, Firefox telah memenuhi komitmen kami untuk melindungi data pengguna secara online dan menyediakan layanan bawaan gratis, seperti pengelola kata sandi, yang juga dapat mengingatkan Anda jika terjadi pelanggaran data yang melibatkan kredensial Anda.

Untuk tujuan praktis, jelas tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk menggunakan browser Firefox saat Anda benar-benar perlu melindungi privasi Anda, dan jika Anda masih berinvestasi di ekosistem Google, Anda tidak dapat menggunakan Chrome. Namun dengan semakin banyaknya serangan terhadap data pribadi kita, dalam jangka panjang, Firefox mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menghargai perlindungan privasi pribadi online kita.