Home > Blog > Sejarah Mozilla Firefox, Fitur, Kekurangan, dan Kelebihannya
Sejarah Mozilla Firefox, Fitur, Kekurangan, dan Kelebihannya

Sejarah Mozilla Firefox, Fitur, Kekurangan, dan Kelebihannya

Sejarah Mozilla Firefox, Fitur, Kekurangan, dan Kelebihannya – Firefox merupakan web browser atau peramban web yang bisa digunakan di beberapa sistem operasi serta mempunyai sifat open source. Browser ini dapat diakses dengan sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS X. Selain itu memiliki sifat terbuka dalam pengembangannya.

Merupakan salah satu web browser yang laris selain dari Opera dan Google Chrome. Browser ini memiliki kecepatan akses akan informasi yang baik. Selain itu, tampilan yang dimiliki sederhana dan memiliki Privacy System, sehingga dapat menjaga keamanan terhadap web browser.

Mozilla Firefox

Mozilla merupakan perusahaan yang mengembangkan web Firefox, perusahaan yang sama dalam pengembangan browser web dari Netscape. Tahun 2004 versi pertama Firefox berhasil dirilis, sehingga berhasil memperoleh banyak pengguna.

Setelah itu, beberapa versi selanjutnya diluncurkan, isinya ditambah tentang peningkatan dari keamanan serta memiliki banyak fitur. Pengaturan tentang privasi lanjutan yaitu pemblokir pop-up, merupakan fitur khusus Mozilla Firefox.

Firefox ini mempunyai kemampuan untuk membuat kata kunci cerdas, berfungsi dengan situs favorit para pengguna. Maka, cara tersebut dapat mengakses tentang informasi secara langsung tanpa harus membuka situs web yang tidak perlu.

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox dibuat oleh Blake Ross, web browser tersebut dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dengan bantuan ratusan sukarelawan. Pada awalnya nama web browser tersebut ialah Phoenix dan dikenal dengan nama Mozilla Firebird.

Yayasan dari Mozilla menjadikan fokus utama terhadap Firefox dan klien surel Thunderbird, pada 3 April 2003. Pada 9 November 2004 Mozilla Firefox berhasil mendapat sambutan sangat baik dari beberapa media. Rilis pertama Mozila Firefox yaitu versi 1.0, yang mendapatkan 5 juta download hanya dalam waktu 12 hari.

Pada 24 November 2004 berhasil mendapat 6 juta download. Hal tersebut terlihat antusias dari pengguna web browser terhadap Mozilla Firefox. Yayasan tersebut juga memiliki tujuan mengembangkan peramban web kecil dan sederhana namun mempunyai kecepatan yang sangat bagus.

Hal tersebut merupakan alasan kecepatan akses pada Firefox jika dibanding yang lain. Pada 22 Oktober 2019, berhasil diperbaharui ke versi 7.0. Versi tersebut menjadikan Firefox memiliki kestabilan yang cukup tinggi. Saat ini Mozilla Firefox dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac OS X, FreeBSD, dan Windows.

Perbedaan Firefox dan Chrome

Perbedaan Firefox dan Chrome

Firefox dan Chrome memiliki perbedaan, maka kedua web browser tersebut akan dibahas di bawah mengenai perbedaannya.

1. Firefox ini dikembangkan oleh Mozilla sementara Chrome dikembangkan oleh Google Corporation.
2. Google Chrome memungkinkan adanya fitur tampilan thumbnail, pengguna menavigasi ke situs web sesuai yang diinginkan lebih cepat, akan tetapi fitur tersebut tidak terdapat di Firefox.
3. Satu proses untuk semua tab di Firefox, Chrome menciptakan sebuah proses berbeda untuk tiap tab.
4. Firefox merupakan browser web lama dan stabil, sementara Chrome baru belum teruji.

Fitur Firefox

Web browser ini memiliki berbagai fitur, untuk mengetahui fitur tersebut berikut akan dibahas.
1. Menggunakan multi tab
2. Bisa cek ejaan dari kalimat
3. Ada bookmark yang berfungsi untuk menyimpan situs yang disukai
4. Bisa digunakan mendownload
5. Melakukan Private Browsing, mencari informasi dengan pribadi tanpa orang lain tahu.
6. Blokir pop-up yang sudah terinstal pada Mozilla Firefox

Add-on pada Firefox

Menggunakan Add-On merupakan fitur baru yang tidak ada pada bawaan Mozilla Firefox. Berikut ini merupakan Add-On Mozilla Firefox penting yang wajib untuk digunakan:

* Social Fixer
Fitur tersebut sangat cocok untuk mencari informasi lewat sosial media. Menggunakan Add-On Social Fixer tersebut dapat menyortir serta menghilangkan topik dari berita yang tidak diinginkan. Seperti tidak menginginkan topik ekonomi, maka dapat menghilangkannya.

* Gmail Notifier
Menggunakan Add-On Gmail Notifier dapat melihat email secara langsung. Maka pada Mozilla Firefox akan memberi ruang yang cukup agar menampilkan email tanpa harus membuka situs Gmail.

* AdBlock Plus
Menggunakan Add-On AdBlock Plus dapat memblokir seluruh iklan yang terdapat pada website yang dikunjungi. Hal demikian membuat akses untuk membuka website menjadi lebih cepat dan lebih nyaman.

* Windscribe
Add-On Windscribe memiliki fungsi sebagai VPN (Virtual Private Network). Menggunakan VPN tersebut untuk mengakses sebuah website yang sebelumnya telah terblokir oleh public. Selain itu, fitur ini dapat memblokir iklan AdBlock.

* Scrap Book
Add-On Scrap Book berfungsi untuk menyimpan situs website yang menarik, hal tersebut agar bisa membacanya dengan offline. Maka, dengan menggunakan fitur tersebut tidak perlu koneksi internet untuk membaca sebuah website yang disimpan.

Kelebihan dari Firefox

Web browser yang satu ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan browser yang lain. Simak beberapa kelebihan yang terdapat di dalamnya.
1. Memiliki nilai popularitas sangat baik
2. Keamanan web browser lebih terjamin dibanding web browser lain
3. Memiliki berbagai Add-On yang terus dikembangkan pendirinya, serta pengembang seluruh dunia sebab sifatnya yang open source.
4. Performa sangat bagus, segi internet atau intranet pun bagus.
5. Mempunyai konfigurasi web browser lengkap.
6. Memiliki ukuran memori relatif kecil, maka mempercepat aksesibilitasnya.
7. Memiliki antarmuka yang sederhana namun tidak monoton.

Kekurangan dari Firefox

1. Lama menjalankan program pertama kali.
2. Ada kebutuhan untuk Add-on agar dapat berfungsi optimal, melihat keganasan cracker setelah mengetahui akan tingkat popularitas yang tinggi.
3. Update firefox secara tidak langsung mendownload versi baru, beda dengan IE yang cukup hanya upgrade saja.
4. Membutuhkan waktu proses halaman situs tertentu yang lebih lambat, diperkirakan masalah kompatibilitas atau kesesuaian dengan pengkodean halaman situs pada browser.
5. Firefox tidak terintegrasi pada Outlook Express dan Outlook. Beberapa fasilitas dari email tidak dapat berjalan secara baik. Beberapa formulir online tidak dapat merespons tombol enter.

Firefoxfacts, yaitu web browser yang mudah digunakan dan tentunya memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan web browser yang lain. Pada pembahasan di atas telah dibahas mengenai sejarah yang cukup begitu panjang sehingga menjadi browser seperti sekarang, bahkan untuk pengembangannya harus dibantu oleh ratusan volunter.